Dapur Solo, Oase Bagi Pencinta Kuliner Solo di Jakarta & Sekitarnya



Bertepatan dengan 25 tahun Dapur Solo Ny. Swan dan pembukaan cabang terbaru dan terbesar yaitu Cabang Sunter II, diadakan Gelar Citarasa Solo sebuah pengalaman unik khas Solo yang memadukan suasana nyaman lesehan, aneka kuliner unggulan Solo dan hiburan siteran serta keroncong  yang syahdu. Para undangan, termasuk saya, dimanjakan menikmati aneka hidangan khas kota Solo yang berlimpah seperti Sosis Solo, Asem-Asem Iga, Lontong Solo, Bubur Lemu, Brambang Asem, Pecel Ndeso Wijen Hitam dan banyak lagi. Untuk makanan penutupnya ada ketan bubuk juruh, meniran, gethuk dan wedut. Sedangkan untuk penghangat tubuh, ada Wedang Ronde, Kacang Tanah dan Wedang Jahe Gepuk khas angkringan Solo. Menu-menu diatas sebagian besar tersedia di seluruh gerai Dapur Solo Ny. Swan, dan sebagian lagi didatangkan khusus dari Solo untuk Gelar Citarasa Solo kali ini, namun tentu bukan tidak mungkin di kemudian hari akan disajikan sebagai menu Dapur Solo Ny. Swan.

Nasi Langgi Kuning

Berawal dari Kampung Batik Laweyan, di pusat kota Solo yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan Ny. Swan, dimana beliau dilahirkan dan dibesarkan. Dari sekedar menikmati aneka kuliner Solo, beliau belajar meracik bumbu-bumbu rahasia masakan Solo yang khas. Setelah menikah, Ny. Swan dan suami pindah ke Jakarta pada tahun 1998, saat dimana aneka kuliner barat dan internasional sedang ‘booming’. Tapi hal ini malah menggugah kecintaan beliau terhadap kuliner Solo dan membuka rumah makan sederhana yang diberi nama Dapur Solo.
Hari demi hari berganti, dan kecintaan serta kerja keras Dapur Solo membuahkan hasil. Lambat laun Dapur Solo berganti tempat dan wajah dan kemudian diberi nama Dapur Solo Ny. Swan. Dimulai dari garasi rumah di tahun 1998, pada tahun 2013 Dapur Solo Ny. Swan sudah mempunyai 4 gerai tersebar di Jakarta dan sekitarnya serta 3 divisi bisnis lain, yaitu Catering Dapur Solo, Dapur Solo Lunch Box dan Oleh-Oleh Sowan. 

Nasi Liwet Solo

Dapur Solo Ny. Swan yang berangkat dari citarasa rumahan, berkembang menjadi pusat makanan khas Solo di tengah hiruk pikuk kota yang berkiblat ke barat, ditambah lagi dengan menu-menu nusantara yang melengkapi pengalaman bersantap yang menyenangkan. Kedepannya, Dapur Solo akan terus menjadi pemegang tradisi kuliner nusantara dan bercita-cita menjadi “top of the brand” untuk kuliner nusantara. 

Selat Solo


Dapur Solo Ny. Swan

Jl. Panglima Polim I No.95
Jakarta Selatan
Telephone: (021) 7222 311


Jl. Danau Sunter Utara R 35-37
Sunter - Jakarta Utara 14350

Telephone : (021) 640 5812

Jl. Danau Sunter Utara No. 7 Sunter II
Sunter - Jakarta Utara 14350
Telephone: (021) 296 15 353


Ruko Melati Mas Square
Blok A1 No. 22-23
Jl. Raya Serpong - Tangerang
Telephone: (021) 5315 0505


twitter: @dapursolo
facebook fan page: Dapur Solo
website: www.dapursolo.com 

food photos courtesy of Arie Parikesit

No comments: